Friday, December 14, 2012

Pilih Jadi Ekor Naga atau Kepala Cacing?

Kadangkala dalam tes wawancara Anda menjumpai pertanyaan, “Pilih jadi ekor naga atau kepala cacing?” Anda tentu ingin memberikan jawaban terbaik, begitu pula saya.

Menjadi ekor naga, berarti Anda adalah orang yang dipimpin. Anda hanya bawahan, tetapi tak sekadar bawahan—Anda naga. Sebagai contoh, Anda adalah pegawai dengan posisi rendah di suatu perusahaan ternama. Posisi Anda memang rendah dan mungkin Anda tak “terlihat”. Namun Anda berada di perusahaan ternama; Anda bisa belajar banyak dan diuntungkan oleh segala fasilitas di sana.

Menjadi kepala cacing, berarti Anda adalah pemimpin. Namun Anda hanya cacing; tak banyak yang bisa diperbuat oleh cacing. Sebagai contoh, Anda adalah pimpinan sebuah perusahaan kecil. Anda tak memperoleh banyak fasilitas. Namun Anda bisa berbuat sekehendak hati; Anda bebas, tak ada yang memerintah.

Jadi, mana yang lebih baik? Menjadi ekor naga? Menjadi kepala cacing? Kesimpulan saya, tak ada yang lebih baik. Dua-duanya sama baik… tergantung pada letak kekuatan setiap orang.

No comments:

Post a Comment